Temukan Manfaat Kijing Air Tawar yang Jarang Diketahui

Bejo Abdillah


Temukan Manfaat Kijing Air Tawar yang Jarang Diketahui

Kijing air tawar (Batagur baska) merupakan spesies kura-kura air tawar yang hidup di sungai-sungai besar di Asia Tenggara. Kijing air tawar memiliki banyak manfaat, baik bagi manusia maupun lingkungan.

Bagi manusia, kijing air tawar dapat dimanfaatkan sebagai sumber protein dan obat-obatan tradisional. Daging kijing air tawar memiliki kandungan protein yang tinggi dan rendah lemak, sehingga baik untuk kesehatan. Selain itu, cangkang kijing air tawar juga dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan obat-obatan tradisional, seperti obat untuk penyakit kulit dan pernapasan.

Bagi lingkungan, kijing air tawar berperan sebagai pembersih sungai dan penjaga keseimbangan ekosistem. Kijing air tawar memakan berbagai jenis tumbuhan dan hewan di sungai, sehingga membantu menjaga kebersihan sungai. Selain itu, kijing air tawar juga merupakan indikator kesehatan sungai. Apabila populasi kijing air tawar berkurang, maka dapat dipastikan bahwa sungai tersebut sedang tercemar.

Manfaat Kijing Air Tawar

Kijing air tawar (Batagur baska) merupakan spesies kura-kura air tawar yang memiliki banyak manfaat, baik bagi manusia maupun lingkungan. Berikut ini adalah tujuh manfaat utama kijing air tawar:

  • Sumber protein
  • Bahan obat tradisional
  • Pembersih sungai
  • Penjaga keseimbangan ekosistem
  • Indikator kesehatan sungai
  • Objek wisata
  • Hewan peliharaan

Kijing air tawar merupakan sumber protein yang baik karena dagingnya memiliki kandungan protein yang tinggi dan rendah lemak. Selain itu, cangkang kijing air tawar juga dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan obat-obatan tradisional, seperti obat untuk penyakit kulit dan pernapasan. Kijing air tawar juga berperan penting dalam menjaga kebersihan sungai dengan memakan berbagai jenis tumbuhan dan hewan di sungai. Sebagai penjaga keseimbangan ekosistem, kijing air tawar membantu menjaga populasi ikan dan udang di sungai. Kijing air tawar juga merupakan indikator kesehatan sungai. Apabila populasi kijing air tawar berkurang, maka dapat dipastikan bahwa sungai tersebut sedang tercemar. Selain itu, kijing air tawar juga dapat menjadi objek wisata dan hewan peliharaan.

Sumber Protein

Kijing air tawar merupakan salah satu sumber protein hewani yang baik. Daging kijing air tawar memiliki kandungan protein yang tinggi, sekitar 20-25%, dan rendah lemak, sekitar 2-3%. Selain itu, daging kijing air tawar juga mengandung berbagai macam asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Protein sangat penting bagi tubuh manusia karena berperan dalam berbagai proses metabolisme, seperti pertumbuhan dan perkembangan sel, produksi hormon, dan pembentukan antibodi. Kekurangan protein dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti pertumbuhan terhambat, kelemahan otot, dan penurunan sistem kekebalan tubuh.

Mengonsumsi kijing air tawar secara teratur dapat membantu memenuhi kebutuhan protein harian tubuh. Selain itu, kijing air tawar juga merupakan sumber protein yang lebih sehat dibandingkan dengan sumber protein hewani lainnya, seperti daging sapi atau ayam, karena kandungan lemaknya yang lebih rendah.

Bahan Obat Tradisional

Kijing air tawar telah lama digunakan sebagai bahan obat tradisional di berbagai negara Asia Tenggara. Cangkang kijing air tawar mengandung zat-zat aktif yang berkhasiat obat, seperti kalsium, fosfor, dan kitin. Zat-zat aktif ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit, seperti penyakit kulit, pernapasan, dan pencernaan.

  • Penyakit Kulit

    Cangkang kijing air tawar dapat digunakan untuk mengobati penyakit kulit, seperti eksim, psoriasis, dan kurap. Caranya adalah dengan menumbuk halus cangkang kijing air tawar dan kemudian mencampurnya dengan air atau minyak kelapa. Ramuan ini kemudian dioleskan pada bagian kulit yang sakit.

  • Penyakit Pernapasan

    Cangkang kijing air tawar juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit pernapasan, seperti asma dan bronkitis. Caranya adalah dengan merebus cangkang kijing air tawar dengan air hingga mendidih. Air rebusan ini kemudian diminum secara teratur.

  • Penyakit Pencernaan

    Cangkang kijing air tawar dapat digunakan untuk mengobati penyakit pencernaan, seperti diare dan disentri. Caranya adalah dengan menumbuk halus cangkang kijing air tawar dan kemudian mencampurnya dengan air. Ramuan ini kemudian diminum secara teratur.

  • Penyakit Lainnya

    Selain penyakit-penyakit yang disebutkan di atas, cangkang kijing air tawar juga dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit lainnya, seperti demam, sakit kepala, dan nyeri sendi.

Baca Juga :   Ungkap 7 Manfaat Rendam Air Es yang Jarang Diketahui

Penggunaan kijing air tawar sebagai bahan obat tradisional telah dilakukan secara turun-temurun selama berabad-abad. Meskipun belum banyak penelitian ilmiah yang membuktikan khasiat obat dari kijing air tawar, namun pengalaman empiris masyarakat menunjukkan bahwa kijing air tawar memang memiliki khasiat obat yang nyata.

Pembersih sungai

Kijing air tawar berperan penting sebagai pembersih sungai karena mereka memakan berbagai jenis tumbuhan dan hewan di sungai, termasuk alga, tanaman air, serangga, dan ikan kecil. Dengan memakan organisme-organisme ini, kijing air tawar membantu menjaga kebersihan sungai dan mencegah terjadinya eutrofikasi, yaitu suatu kondisi dimana sungai kelebihan nutrisi sehingga menyebabkan pertumbuhan alga yang berlebihan.

Selain itu, kijing air tawar juga membantu mengontrol populasi siput dan keong di sungai. Siput dan keong dapat menjadi hama bagi tanaman air dan ikan, sehingga keberadaan kijing air tawar sangat bermanfaat untuk menjaga keseimbangan ekosistem sungai.

Dengan menjaga kebersihan sungai, kijing air tawar memberikan banyak manfaat bagi manusia dan lingkungan. Sungai yang bersih dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti irigasi, perikanan, dan rekreasi. Selain itu, sungai yang bersih juga merupakan habitat yang baik bagi berbagai jenis biota air, termasuk ikan, udang, dan burung.

Penjaga keseimbangan ekosistem

Sebagai penjaga keseimbangan ekosistem, kijing air tawar memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kesehatan sungai dan ekosistem di sekitarnya. Dengan memakan berbagai jenis tumbuhan dan hewan di sungai, kijing air tawar membantu mengontrol populasi organisme-organisme tersebut dan mencegah terjadinya ledakan populasi.

Selain itu, kijing air tawar juga membantu menjaga kualitas air sungai dengan menyaring polutan dan bahan organik lainnya. Dengan demikian, kijing air tawar berkontribusi pada terciptanya lingkungan sungai yang sehat dan seimbang.

Manfaat menjaga keseimbangan ekosistem sungai sangatlah besar. Sungai yang sehat dapat menyediakan sumber air bersih untuk manusia dan hewan, mendukung perikanan dan pertanian, serta menjadi habitat bagi berbagai jenis biota air. Selain itu, sungai yang sehat juga dapat berfungsi sebagai penyangga banjir dan pengatur iklim.

Indikator kesehatan sungai

Kijing air tawar merupakan indikator kesehatan sungai. Artinya, keberadaan dan kondisi kijing air tawar dapat menunjukkan kualitas air dan kesehatan sungai secara keseluruhan. Hal ini dikarenakan kijing air tawar sangat sensitif terhadap perubahan lingkungan, termasuk perubahan kualitas air.

Apabila populasi kijing air tawar di suatu sungai menurun atau menghilang, maka dapat dipastikan bahwa sungai tersebut sedang tercemar atau mengalami kerusakan lingkungan. Sebaliknya, jika populasi kijing air tawar di suatu sungai banyak dan sehat,