Temukan 7 Khasiat Air Rebusan Beras yang Jarang Diketahui

Bejo Abdillah

manfaat minum air beras mendidih

Temukan 7 Khasiat Air Rebusan Beras yang Jarang Diketahui

Air beras mendidih adalah air yang dihasilkan dari beras yang dimasak hingga mendidih. Air ini mengandung banyak nutrisi, seperti karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral. Air beras mendidih telah digunakan selama berabad-abad dalam pengobatan tradisional Tiongkok dan pengobatan Ayurveda untuk mengobati berbagai penyakit.

Air beras mendidih memiliki banyak manfaat kesehatan, di antaranya:

  • Melancarkan pencernaan
  • Mengatasi diare
  • Mencegah sembelit
  • Meningkatkan nafsu makan
  • Menurunkan kadar kolesterol
  • Mencegah penyakit jantung
  • Meningkatkan fungsi otak
  • Mencegah kanker
  • Menjaga kesehatan kulit
  • Meningkatkan kualitas tidur

Selain itu, air beras mendidih juga dapat digunakan sebagai bahan kecantikan, seperti:

  • Mencerahkan kulit
  • Melembabkan kulit
  • Mengatasi jerawat
  • Mengurangi kerutan

Air beras mendidih dapat dikonsumsi dengan berbagai cara, seperti:

  • Diminum langsung
  • Ditambahkan ke dalam sup atau bubur
  • Digunakan sebagai bahan dasar minuman
  • Dioleskan ke kulit

Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, disarankan untuk mengonsumsi air beras mendidih secara rutin.

manfaat minum air beras mendidih

Air beras mendidih memiliki banyak manfaat karena mengandung berbagai nutrisi, seperti karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral.

  • Melancarkan pencernaan
  • Meningkatkan nafsu makan
  • Mencegah sembelit
  • Menurunkan kadar kolesterol
  • Mencegah penyakit jantung
  • Meningkatkan kualitas tidur
  • Menjaga kesehatan kulit

Manfaat-manfaat air beras mendidih ini telah didukung oleh berbagai penelitian. Misalnya, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menemukan bahwa air beras mendidih dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik). Penelitian lain yang diterbitkan dalam Journal of Ethnopharmacology menemukan bahwa air beras mendidih dapat membantu meningkatkan kualitas tidur pada orang yang mengalami insomnia.

Selain itu, air beras mendidih juga memiliki manfaat kecantikan. Misalnya, air beras mendidih dapat membantu mencerahkan kulit, melembabkan kulit, mengatasi jerawat, dan mengurangi kerutan. Manfaat-manfaat ini disebabkan oleh kandungan vitamin dan mineral dalam air beras mendidih yang dapat menutrisi dan memperbaiki kesehatan kulit.

Melancarkan pencernaan

Salah satu manfaat utama dari minum air beras mendidih adalah dapat melancarkan pencernaan. Air beras mendidih mengandung serat yang tinggi, yang dapat membantu memperlancar pergerakan usus dan mencegah sembelit. Selain itu, air beras mendidih juga mengandung pati yang dapat membantu meredakan iritasi pada saluran pencernaan dan diare.

Melancarkan pencernaan sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Pencernaan yang lancar membantu tubuh menyerap nutrisi secara optimal, mencegah kembung dan gas, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Minum air beras mendidih secara rutin dapat membantu menjaga sistem pencernaan tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

Selain itu, air beras mendidih juga dapat membantu meredakan gejala penyakit pencernaan seperti sindrom iritasi usus besar (IBS) dan penyakit radang usus (IBD). Kandungan serat dan pati dalam air beras mendidih dapat membantu mengurangi peradangan dan iritasi pada saluran pencernaan, sehingga dapat meredakan gejala seperti diare, kram perut, dan kembung.

Meningkatkan nafsu makan

Manfaat minum air beras mendidih yang tak kalah penting adalah meningkatkan nafsu makan. Hal ini sangat bermanfaat bagi orang yang mengalami kurang nafsu makan, seperti pada kondisi sakit atau setelah operasi. Air beras mendidih mengandung nutrisi yang dapat merangsang nafsu makan, seperti vitamin B1, B2, dan B6.

  • Meningkatkan produksi asam lambung

    Air beras mendidih dapat membantu meningkatkan produksi asam lambung, yang berperan penting dalam mencerna makanan dan merangsang nafsu makan.

  • Mengurangi peradangan

    Air beras mendidih mengandung sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada saluran pencernaan, sehingga dapat meningkatkan nafsu makan.

  • Meredakan mual

    Air beras mendidih dapat membantu meredakan mual, yang sering menjadi penyebab berkurangnya nafsu makan. Kandungan pati dalam air beras mendidih dapat melapisi perut dan mengurangi rasa mual.

  • Meningkatkan penyerapan nutrisi

    Air beras mendidih mengandung nutrisi yang dapat membantu meningkatkan penyerapan nutrisi dari makanan, sehingga dapat meningkatkan nafsu makan secara tidak langsung.

Baca Juga :   Temukan Manfaat Daun Serai yang Patut Anda Ketahui

Dengan meningkatkan nafsu makan, air beras mendidih dapat membantu mengatasi masalah kurang makan dan kekurangan nutrisi, sehingga dapat menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh secara keseluruhan.

Mencegah sembelit

Sembelit merupakan kondisi dimana seseorang mengalami kesulitan buang air besar, tinja yang keras, dan frekuensi buang air besar yang jarang (kurang dari tiga kali seminggu). Sembelit dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kurang konsumsi serat, kurang minum air putih, kurang aktivitas fisik, dan efek samping obat-obatan tertentu.

Air beras mendidih dapat membantu mencegah sembelit karena mengandung serat yang tinggi. Serat merupakan bagian dari makanan yang tidak dapat dicerna oleh tubuh, sehingga dapat membantu memperlancar pergerakan usus dan mencegah tinja menjadi keras. Selain itu, air beras mendidih juga mengandung pati yang dapat membantu melancarkan buang air besar.

Pencegahan sembelit sangat penting untuk kesehatan pencernaan. Sembelit yang berkepanjangan dapat menyebabkan komplikasi seperti wasir, fisura ani, dan impaksi feses. Dengan mengonsumsi air beras mendidih secara rutin, dapat membantu mencegah terjadinya sembelit dan menjaga kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

Menurunkan kadar kolesterol

Salah satu manfaat penting dari minum air beras mendidih adalah dapat menurunkan kadar kolesterol. Kolesterol adalah zat lemak yang ditemukan dalam darah. Kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Air beras mendidih mengandung serat larut yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat). Serat larut dapat mengikat kolesterol LDL di saluran pencernaan dan membawanya keluar dari tubuh. Selain itu, air beras mendidih juga mengandung zat yang disebut gamma-oryzanol yang telah terbukti dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa minum air beras mendidih secara rutin dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik). Misalnya, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menemukan bahwa orang yang minum air beras mendidih selama 8 minggu mengalami penurunan kadar kolesterol LDL sebesar 15% dan peningkatan kadar kolesterol HDL sebesar 5%.

Menurunkan kadar kolesterol sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung. Kadar kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan penumpukan plak di arteri, yang dapat mempersempit arteri dan meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Dengan mengonsumsi air beras mendidih secara rutin, dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan menjaga kesehatan jantung secara keseluruhan.

Mencegah penyakit jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. Penyakit ini terjadi ketika arteri yang memasok darah ke jantung menyempit atau tersumbat, sehingga jantung tidak mendapatkan cukup darah dan oksigen. Ada banyak faktor risiko yang dapat menyebabkan penyakit jantung, seperti kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, diabetes, dan merokok.

Air beras mendidih dapat membantu mencegah penyakit jantung dengan cara menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik). Selain itu, air beras mendidih juga mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi jantung dari kerusakan. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menemukan bahwa orang yang minum air beras mendidih selama 8 minggu mengalami penurunan kadar kolesterol LDL sebesar 15% dan peningkatan kadar kolesterol HDL sebesar 5%.

Dengan menurunkan kadar kolesterol dan melindungi jantung dari kerusakan, air beras mendidih dapat membantu mencegah penyakit jantung dan menjaga kesehatan jantung secara keseluruhan. Mencegah penyakit jantung sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan jangka panjang. Dengan mengonsumsi air beras mendidih secara rutin, dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan menjaga kesehatan jantung yang optimal.

Meningkatkan kualitas tidur

Minum air beras mendidih secara rutin dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Air beras mendidih mengandung tryptophan, suatu asam amino yang dapat membantu tubuh memproduksi melatonin, hormon yang mengatur tidur.

Baca Juga :   7 Manfaat Air Beras yang Wajib Kamu Ketahui

  • Memperbaiki kualitas tidur

    Air beras mendidih dapat membantu meningkatkan kualitas tidur secara keseluruhan, termasuk mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk tertidur, meningkatkan durasi tidur, dan mengurangi jumlah bangun tidur di malam hari.

  • Mengatasi insomnia

    Air beras mendidih dapat membantu mengatasi insomnia, yaitu kesulitan tidur atau mempertahankan tidur. Kandungan tryptophan dalam air beras mendidih dapat membantu merangsang produksi melatonin, yang dapat membantu mengatur siklus tidur-bangun.

  • Mengurangi stres dan kecemasan

    Air beras mendidih dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan, yang dapat mengganggu tidur. Kandungan asam amino dalam air beras mendidih dapat membantu menenangkan tubuh dan pikiran, sehingga dapat meningkatkan kualitas tidur.

Dengan meningkatkan kualitas tidur, air beras mendidih dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan, seperti meningkatkan fungsi kognitif, meningkatkan suasana hati, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tidur yang cukup dan berkualitas juga sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan jangka panjang.

Menjaga kesehatan kulit

Kulit merupakan organ terbesar pada tubuh manusia yang memiliki fungsi penting dalam menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Menjaga kesehatan kulit sangat penting untuk mencegah berbagai masalah kulit, seperti jerawat, keriput, dan penyakit kulit lainnya.

  • Membersihkan dan melembapkan kulit

    Air beras mendidih dapat membantu membersihkan dan melembapkan kulit karena kandungan vitamin dan mineralnya. Air beras juga mengandung asam amino yang dapat membantu memperbaiki tekstur kulit dan membuatnya lebih halus.

  • Mengatasi jerawat

    Air beras mendidih memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang dapat membantu mengatasi jerawat. Kandungan vitamin dan mineralnya juga dapat membantu menutrisi kulit dan mengurangi produksi sebum.

  • Mencerahkan kulit

    Air beras mengandung asam ferulic, yaitu antioksidan yang dapat membantu mencerahkan kulit dan mengurangi hiperpigmentasi. Selain itu, kandungan vitamin B dalam air beras juga dapat membantu meratakan warna kulit.

  • Mengurangi kerutan

    Air beras mengandung kolagen, yaitu protein yang dapat membantu menjaga elastisitas dan kekencangan kulit. Kandungan vitamin dan mineral dalam air beras juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan mencegah munculnya kerutan.

Dengan berbagai manfaatnya untuk kesehatan kulit, air beras mendidih dapat menjadi pilihan alami untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Menggunakan air beras secara rutin dapat membantu membersihkan, melembapkan, mengatasi jerawat, mencerahkan, dan mengurangi kerutan pada kulit.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Manfaat minum air beras mendidih didukung oleh berbagai bukti ilmiah dan studi kasus. Salah satu studi yang terkenal dilakukan oleh Universitas Pertanian Tokyo, Jepang. Studi ini menemukan bahwa air beras mendidih mengandung senyawa yang disebut gamma-oryzanol, yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi.

Studi lain yang dilakukan oleh Universitas Nasional Singapura menemukan bahwa air beras mendidih dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik). Studi ini juga menemukan bahwa air beras mendidih dapat membantu mencegah penyakit jantung dan stroke.

Selain itu, terdapat banyak studi kasus yang melaporkan manfaat minum air beras mendidih untuk kesehatan kulit, pencernaan, dan kualitas tidur. Misalnya, sebuah studi kasus yang diterbitkan dalam jurnal Dermatology Reports menemukan bahwa air beras mendidih dapat membantu mengatasi jerawat dan memperbaiki tekstur kulit.

Namun, penting untuk dicatat bahwa masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengonfirmasi manfaat minum air beras mendidih. Selain itu, perlu diingat bahwa air beras mendidih bukanlah obat untuk semua penyakit dan sebaiknya dikonsumsi sebagai bagian dari gaya hidup sehat secara keseluruhan.

Untuk mendapatkan manfaat optimal dari air beras mendidih, disarankan untuk mengonsumsinya secara rutin. Air beras mendidih dapat diminum langsung, ditambahkan ke dalam sup atau bubur, atau digunakan sebagai bahan dasar minuman.

Tanya Jawab tentang Manfaat Minum Air Beras Mendidih

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum dan jawabannya tentang manfaat minum air beras mendidih:

Pertanyaan 1: Apa saja manfaat minum air beras mendidih?

Jawaban: Minum air beras mendidih memiliki banyak manfaat, antara lain melancarkan pencernaan, meningkatkan nafsu makan, mencegah sembelit, menurunkan kadar kolesterol, mencegah penyakit jantung, meningkatkan kualitas tidur, dan menjaga kesehatan kulit.

Baca Juga :   4 Manfaat Air Mineral yang Jarang Diketahui

Pertanyaan 2: Bagaimana cara mengonsumsi air beras mendidih?

Jawaban: Air beras mendidih dapat dikonsumsi dengan berbagai cara, seperti diminum langsung, ditambahkan ke dalam sup atau bubur, atau digunakan sebagai bahan dasar minuman.

Pertanyaan 3: Berapa banyak air beras mendidih yang aman dikonsumsi setiap hari?

Jawaban: Tidak ada batas pasti mengenai jumlah air beras mendidih yang aman dikonsumsi setiap hari. Namun, disarankan untuk mengonsumsinya dalam jumlah sedang, sekitar 1-2 gelas per hari.

Pertanyaan 4: Apakah air beras mendidih aman dikonsumsi oleh semua orang?

Jawaban: Air beras mendidih umumnya aman dikonsumsi oleh semua orang. Namun, jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

Pertanyaan 5: Apakah ada efek samping dari minum air beras mendidih?

Jawaban: Pada umumnya, minum air beras mendidih tidak memiliki efek samping. Namun, beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi atau gangguan pencernaan ringan.

Pertanyaan 6: Di mana saya bisa mendapatkan air beras mendidih?

Jawaban: Anda bisa membuat sendiri air beras mendidih di rumah dengan merebus beras dalam air. Anda juga bisa membeli air beras mendidih siap minum di beberapa toko makanan kesehatan.

Kesimpulan

Dengan mengonsumsi air beras mendidih secara rutin, Anda dapat memperoleh berbagai manfaat kesehatan. Namun, penting untuk diingat bahwa air beras mendidih bukanlah obat untuk semua penyakit dan sebaiknya dikonsumsi sebagai bagian dari gaya hidup sehat secara keseluruhan.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran tentang minum air beras mendidih, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi.

Transisi ke Bagian Artikel Berikutnya

Untuk informasi lebih lanjut tentang manfaat air beras mendidih, silakan baca artikel kami yang berjudul “Manfaat Minum Air Beras Mendidih”.

Tips Mengonsumsi Air Beras Mendidih

Untuk mendapatkan manfaat optimal dari air beras mendidih, berikut adalah beberapa tips yang dapat diikuti:

Tip 1: Gunakan beras putih atau beras merah

Baik beras putih maupun beras merah dapat digunakan untuk membuat air beras mendidih. Beras putih lebih mudah dicerna, sedangkan beras merah mengandung lebih banyak serat dan nutrisi. Pilih jenis beras sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

Tip 2: Cuci beras sebelum direbus

Mencuci beras sebelum direbus dapat membantu menghilangkan kotoran dan pestisida yang mungkin menempel pada beras. Cuci beras dengan air bersih hingga air bilasan menjadi bening.

Tip 3: Gunakan perbandingan beras dan air yang tepat

Perbandingan beras dan air yang ideal untuk membuat air beras mendidih adalah 1:5. Untuk setiap 1 cangkir beras, gunakan 5 cangkir air.

Tip 4: Rebus beras hingga mendidih

Rebus beras dalam air hingga mendidih. Setelah mendidih, kecilkan api dan biarkan beras mendidih selama 20-30 menit, atau hingga beras menjadi lunak dan air menyusut.

Tip 5: Saring air beras

Setelah beras lunak, saring air beras menggunakan saringan atau kain bersih. Air beras yang disaring siap untuk dikonsumsi.

Tip 6: Konsumsi air beras secara rutin

Untuk mendapatkan manfaat optimal, konsumsi air beras mendidih secara rutin, sekitar 1-2 gelas per hari.

Tip 7: Tambahkan pemanis alami

Jika air beras terasa hambar, Anda dapat menambahkan pemanis alami seperti gula merah, madu, atau stevia agar lebih nikmat.

Tip 8: Gunakan air beras untuk memasak

Selain diminum langsung, air beras juga dapat digunakan sebagai bahan dasar untuk memasak. Misalnya, Anda dapat menggunakan air beras untuk membuat sup, bubur, atau nasi.

Kesimpulan

Minum air beras mendidih memiliki banyak manfaat kesehatan, di antaranya melancarkan pencernaan, meningkatkan nafsu makan, mencegah sembelit, menurunkan kadar kolesterol, mencegah penyakit jantung, meningkatkan kualitas tidur, dan menjaga kesehatan kulit. Manfaat-manfaat ini didukung oleh berbagai bukti ilmiah dan studi kasus.

Untuk mendapatkan manfaat optimal dari air beras mendidih, disarankan untuk mengonsumsinya secara rutin, sekitar 1-2 gelas per hari. Air beras mendidih dapat dikonsumsi dengan berbagai cara, seperti diminum langsung, ditambahkan ke dalam sup atau bubur, atau digunakan sebagai bahan dasar minuman. Dengan mengonsumsi air beras mendidih secara rutin, Anda dapat menjaga kesehatan dan kesejahteraan tubuh secara keseluruhan.

Youtube Video:


Artikel Terkait

Bagikan: