Manfaat Menakjubkan dari Menyantap Es Krim untuk Kesehatan

Bejo Abdillah

manfaat makan ice cream

Manfaat Menakjubkan dari Menyantap Es Krim untuk Kesehatan

Manfaat makan es krim adalah beragam, mulai dari yang menyegarkan hingga yang menyehatkan. Es krim merupakan makanan penutup yang disukai banyak orang, baik anak-anak maupun orang dewasa. Es krim terbuat dari susu, krim, gula, dan perasa, dan seringkali disajikan dengan topping seperti buah, cokelat, atau kacang.

Selain rasanya yang enak, es krim juga memiliki beberapa manfaat kesehatan. Es krim merupakan sumber kalsium yang baik, yang penting untuk kesehatan tulang dan gigi. Es krim juga mengandung protein, yang membantu membangun dan memperbaiki jaringan tubuh. Selain itu, es krim juga mengandung vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin D, dan kalium.

Meskipun es krim memiliki beberapa manfaat kesehatan, namun tetap harus dikonsumsi dalam jumlah sedang. Es krim tinggi kalori dan lemak, sehingga jika dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan masalah kesehatan lainnya. Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi es krim sebagai makanan penutup sesekali, dan tidak sebagai makanan utama.

Manfaat Makan Es Krim

Es krim memiliki banyak manfaat, mulai dari yang menyegarkan hingga menyehatkan. Berikut adalah 7 manfaat utama makan es krim:

  • menyegarkan
  • sumber kalsium
  • mengandung protein
  • mengandung vitamin dan mineral
  • meningkatkan suasana hati
  • membantu tidur
  • mengurangi stres

Selain manfaat tersebut, es krim juga dapat dinikmati sebagai camilan atau makanan penutup yang menyenangkan. Es krim dapat disajikan dengan berbagai topping, seperti buah, cokelat, atau kacang, sehingga dapat disesuaikan dengan selera masing-masing. Es krim juga dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat makanan penutup lainnya, seperti es krim sundae atau milkshake.

Meskipun es krim memiliki banyak manfaat, namun tetap harus dikonsumsi dalam jumlah sedang. Es krim tinggi kalori dan lemak, sehingga jika dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan masalah kesehatan lainnya. Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi es krim sebagai makanan penutup sesekali, dan tidak sebagai makanan utama.

Menyegarkan

Salah satu manfaat utama makan es krim adalah menyegarkan. Es krim memiliki rasa yang manis dan dingin, yang dapat membantu mendinginkan tubuh pada hari yang panas. Selain itu, es krim juga dapat membantu meredakan tenggorokan yang kering dan iritasi.

Sensasi menyegarkan yang dihasilkan oleh es krim disebabkan oleh beberapa faktor. Pertama, es krim mengandung banyak air, yang dapat membantu menghidrasi tubuh. Kedua, es krim memiliki suhu yang dingin, yang dapat membantu menurunkan suhu tubuh. Ketiga, es krim mengandung gula, yang dapat memberikan energi dan meningkatkan suasana hati. Kombinasi dari faktor-faktor ini menjadikan es krim sebagai makanan yang sangat menyegarkan.

Manfaat menyegarkan dari es krim dapat dirasakan oleh siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Es krim dapat dinikmati sebagai camilan atau makanan penutup, dan dapat membantu meredakan panas dan kelelahan pada hari yang sibuk.

Sumber Kalsium

Kalsium adalah mineral penting yang dibutuhkan tubuh untuk membangun dan memelihara tulang dan gigi yang kuat. Kalsium juga berperan dalam fungsi otot, saraf, dan jantung. Kekurangan kalsium dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti osteoporosis, rakhitis, dan kejang.

  • Pertumbuhan dan Perkembangan Tulang
    Kalsium sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang yang sehat. Anak-anak dan remaja membutuhkan kalsium dalam jumlah yang cukup untuk membangun tulang yang kuat dan padat. Orang dewasa juga membutuhkan kalsium untuk menjaga kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis.
Baca Juga :   Rahasia Kesehatan: Manfaat Tak Terduga dari Wortel Rebus yang Menyehatkan

Es krim merupakan salah satu sumber kalsium yang baik. Satu cangkir es krim mengandung sekitar 10% dari kebutuhan kalsium harian orang dewasa. Selain itu, es krim juga mengandung vitamin D, yang membantu tubuh menyerap kalsium. Oleh karena itu, mengonsumsi es krim dalam jumlah sedang dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium harian dan menjaga kesehatan tulang.

Mengandung Protein

Selain menyegarkan dan menjadi sumber kalsium, es krim juga mengandung protein. Protein merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk membangun dan memperbaiki jaringan, serta memproduksi hormon dan enzim. Kekurangan protein dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti kelemahan otot, gangguan pertumbuhan, dan masalah kekebalan tubuh.

Kandungan protein dalam es krim bervariasi tergantung pada jenis es krimnya. Es krim yang terbuat dari susu murni biasanya mengandung lebih banyak protein daripada es krim yang terbuat dari krim atau campuran susu dan air. Satu cangkir es krim susu murni mengandung sekitar 5 gram protein, sedangkan satu cangkir es krim krim mengandung sekitar 3 gram protein.

Meskipun kandungan protein dalam es krim tidak sebanyak pada sumber protein lainnya, seperti daging atau kacang-kacangan, namun tetap dapat menjadi sumber protein tambahan yang baik. Mengonsumsi es krim dalam jumlah sedang dapat membantu memenuhi kebutuhan protein harian dan menjaga kesehatan tubuh.

Mengandung Vitamin dan Mineral

Selain menyegarkan, menjadi sumber kalsium, dan mengandung protein, es krim juga mengandung berbagai vitamin dan mineral penting, seperti vitamin A, vitamin D, kalium, dan fosfor. Vitamin dan mineral ini memiliki berbagai fungsi penting dalam tubuh, seperti mendukung kesehatan tulang, gigi, mata, dan sistem kekebalan tubuh.

Vitamin A berperan penting dalam kesehatan mata, kulit, dan sistem kekebalan tubuh. Vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium dan menjaga kesehatan tulang. Kalium berperan penting dalam mengatur tekanan darah dan fungsi jantung. Fosfor berperan penting dalam pembentukan tulang dan gigi, serta produksi energi.

Meskipun kandungan vitamin dan mineral dalam es krim tidak sebanyak pada sumber makanan lainnya, seperti buah-buahan, sayuran, atau susu murni, namun tetap dapat menjadi sumber tambahan yang baik. Mengonsumsi es krim dalam jumlah sedang dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian dan menjaga kesehatan tubuh.

Dengan demikian, manfaat makan es krim tidak hanya sebatas menyegarkan dan memanjakan lidah, tetapi juga dapat memberikan manfaat kesehatan, seperti memenuhi kebutuhan kalsium, protein, vitamin, dan mineral. Namun, perlu diingat bahwa es krim juga tinggi kalori dan lemak, sehingga harus dikonsumsi dalam jumlah sedang.

Meningkatkan Suasana Hati

Salah satu manfaat makan es krim yang sering diabaikan adalah kemampuannya untuk meningkatkan suasana hati. Es krim mengandung beberapa bahan yang dapat memengaruhi suasana hati, seperti gula, lemak, dan triptofan.

Gula adalah sumber energi yang cepat, yang dapat memberikan dorongan energi dan meningkatkan kewaspadaan. Lemak juga dapat membantu meningkatkan suasana hati dengan melepaskan hormon endorfin, yang memiliki efek menenangkan dan mengurangi stres. Triptofan adalah asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi serotonin, hormon yang mengatur suasana hati dan tidur.

Selain itu, mengonsumsi es krim dalam suasana yang menyenangkan, seperti bersama teman atau keluarga, dapat meningkatkan efeknya pada suasana hati. Es krim juga dapat dikaitkan dengan kenangan positif masa kecil, yang dapat membangkitkan perasaan bahagia dan nyaman.

Dengan demikian, makan es krim dalam jumlah sedang dapat menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres. Namun, perlu diingat bahwa es krim juga tinggi kalori dan lemak, sehingga harus dikonsumsi sebagai makanan penutup sesekali dan bukan sebagai makanan utama.

Baca Juga :   Manfaat Kesehatan Luar Biasa dari Wortel Mentah: Rahasia Kulit Sehat dan Kekebalan Tubuh Prima

Membantu Tidur

Salah satu manfaat makan es krim yang mungkin mengejutkan adalah kemampuannya untuk membantu tidur. Es krim mengandung beberapa bahan yang dapat memengaruhi tidur, seperti triptofan dan kalsium.

  • Triptofan
    Triptofan adalah asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi serotonin, hormon yang mengatur suasana hati dan tidur. Serotonin dapat membantu menenangkan pikiran dan tubuh, sehingga mempermudah untuk tidur.
  • Kalsium
    Kalsium adalah mineral penting yang terlibat dalam berbagai fungsi tubuh, termasuk pengaturan tidur. Kalsium membantu tubuh memproduksi melatonin, hormon yang mengatur siklus tidur-bangun. Melatonin dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi insomnia.

Selain itu, mengonsumsi es krim dalam suasana yang menenangkan, seperti sebelum tidur, dapat meningkatkan efeknya pada tidur. Es krim juga dapat dikaitkan dengan kenangan positif masa kecil, yang dapat membangkitkan perasaan nyaman dan aman, sehingga mempermudah untuk tidur.

Meskipun es krim dapat membantu tidur, namun penting untuk dicatat bahwa es krim juga tinggi kalori dan lemak, sehingga harus dikonsumsi dalam jumlah sedang. Selain itu, mengonsumsi es krim terlalu dekat dengan waktu tidur dapat mengganggu tidur karena suhu dinginnya dapat membuat tubuh merasa lebih terjaga.

mengurangi stres

Salah satu manfaat makan es krim yang sering diabaikan adalah kemampuannya untuk mengurangi stres. Es krim mengandung beberapa bahan yang dapat membantu mengurangi stres, seperti gula, lemak, dan triptofan.

Gula adalah sumber energi yang cepat, yang dapat memberikan dorongan energi dan meningkatkan kewaspadaan. Lemak juga dapat membantu mengurangi stres dengan melepaskan hormon endorfin, yang memiliki efek menenangkan dan mengurangi stres. Triptofan adalah asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi serotonin, hormon yang mengatur suasana hati dan tidur. Serotonin dapat membantu menenangkan pikiran dan tubuh, sehingga mengurangi stres.

Selain itu, mengonsumsi es krim dalam suasana yang menenangkan, seperti di rumah sambil menonton film atau membaca buku, dapat meningkatkan efeknya pada stres. Es krim juga dapat dikaitkan dengan kenangan positif masa kecil, yang dapat membangkitkan perasaan nyaman dan aman, sehingga mengurangi stres.

Meskipun es krim dapat membantu mengurangi stres, namun penting untuk dicatat bahwa es krim juga tinggi kalori dan lemak, sehingga harus dikonsumsi dalam jumlah sedang. Selain itu, mengonsumsi es krim terlalu sering dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya, seperti kenaikan berat badan dan kerusakan gigi.

Pertanyaan Umum tentang Manfaat Makan Es Krim

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum tentang manfaat makan es krim, beserta jawabannya:

Pertanyaan 1: Apakah es krim benar-benar menyehatkan?

Es krim memang mengandung beberapa nutrisi penting, seperti kalsium, protein, dan vitamin. Namun, es krim juga tinggi kalori dan lemak, sehingga harus dikonsumsi dalam jumlah sedang.

Pertanyaan 2: Bisakah es krim membantu menurunkan berat badan?

Tidak, es krim tidak dapat membantu menurunkan berat badan. Es krim tinggi kalori dan lemak, sehingga jika dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

Pertanyaan 3: Apakah es krim baik untuk tulang?

Ya, es krim merupakan sumber kalsium yang baik, yang penting untuk kesehatan tulang. Namun, es krim juga tinggi gula dan lemak, sehingga harus dikonsumsi dalam jumlah sedang.

Pertanyaan 4: Bisakah es krim meningkatkan suasana hati?

Ya, es krim mengandung beberapa bahan yang dapat meningkatkan suasana hati, seperti gula, lemak, dan triptofan. Namun, es krim juga tinggi kalori dan lemak, sehingga harus dikonsumsi dalam jumlah sedang.

Baca Juga :   5 Manfaat Minum Air Putih 2 Liter Sehari yang Jarang Diketahui

Pertanyaan 5: Berapa banyak es krim yang boleh dikonsumsi dalam sehari?

Jumlah es krim yang boleh dikonsumsi dalam sehari tergantung pada kebutuhan kalori dan kesehatan individu. Namun, secara umum disarankan untuk membatasi konsumsi es krim hingga 1-2 porsi per hari.

Pertanyaan 6: Apakah es krim aman untuk dikonsumsi oleh semua orang?

Tidak, es krim tidak aman untuk dikonsumsi oleh semua orang. Orang yang alergi susu atau kacang-kacangan harus menghindari es krim yang mengandung bahan-bahan tersebut.

Secara keseluruhan, es krim memiliki beberapa manfaat kesehatan, tetapi juga tinggi kalori dan lemak. Oleh karena itu, es krim harus dikonsumsi dalam jumlah sedang sebagai bagian dari pola makan yang sehat dan seimbang.

Silakan berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan saran yang lebih spesifik tentang konsumsi es krim.

Tips Mengonsumsi Es Krim Secara Sehat

Meskipun es krim memiliki beberapa manfaat kesehatan, namun tetap harus dikonsumsi dalam jumlah sedang karena tinggi kalori dan lemak. Berikut adalah beberapa tips untuk mengonsumsi es krim secara sehat:

Tip 1: Pilih es krim rendah kalori dan lemak

Ada banyak jenis es krim yang tersedia di pasaran, termasuk es krim rendah kalori dan lemak. Es krim jenis ini biasanya dibuat dengan susu skim atau susu rendah lemak, dan mengandung lebih sedikit gula dan lemak daripada es krim biasa. Pilihlah es krim rendah kalori dan lemak untuk meminimalkan asupan kalori dan lemak.

Tip 2: Batasi porsi es krim

Salah satu cara terbaik untuk mengonsumsi es krim secara sehat adalah dengan membatasi porsinya. Satu porsi es krim biasanya sekitar setengah cangkir. Batasi konsumsi es krim hingga 1-2 porsi per hari.

Tip 3: Makan es krim sebagai makanan penutup

Hindari mengonsumsi es krim sebagai makanan utama. Es krim tinggi kalori dan lemak, sehingga jika dikonsumsi sebagai makanan utama dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Makanlah es krim sebagai makanan penutup setelah makan makanan yang sehat dan seimbang.

Tip 4: Tambahkan buah atau kacang-kacangan

Untuk membuat es krim lebih sehat, tambahkan buah atau kacang-kacangan. Buah dan kacang-kacangan kaya akan nutrisi, seperti vitamin, mineral, dan serat. Menambahkan buah atau kacang-kacangan ke dalam es krim dapat meningkatkan nilai gizinya.

Tip 5: Buat es krim sendiri

Membuat es krim sendiri dapat membantu Anda mengontrol bahan dan porsi. Ada banyak resep es krim sehat yang tersedia online. Anda dapat menggunakan susu skim atau susu rendah lemak, dan mengurangi jumlah gula dalam resep. Membuat es krim sendiri juga merupakan cara yang menyenangkan untuk menikmati es krim.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat menikmati es krim secara sehat dan meminimalkan risiko masalah kesehatan yang terkait dengan konsumsi es krim yang berlebihan.

Selain tips di atas, penting juga untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan saran yang lebih spesifik tentang konsumsi es krim.

Kesimpulan

Manfaat makan es krim sangatlah beragam, mulai dari yang menyegarkan hingga yang menyehatkan. Es krim merupakan sumber kalsium, protein, vitamin, dan mineral yang penting untuk kesehatan tubuh. Selain itu, es krim juga dapat meningkatkan suasana hati, membantu tidur, dan mengurangi stres.

Namun, perlu diingat bahwa es krim juga tinggi kalori dan lemak, sehingga harus dikonsumsi dalam jumlah sedang. Konsumsi es krim yang berlebihan dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan masalah kesehatan lainnya. Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi es krim sebagai makanan penutup sesekali, dan tidak sebagai makanan utama.

Artikel Terkait

Bagikan: