Raih Manfaat Kesehatan dari Makan Keju

Bejo Abdillah


Raih Manfaat Kesehatan dari Makan Keju

Manfaat makan keju adalah beragam, mulai dari manfaat kesehatan hingga manfaat kuliner. Keju mengandung berbagai nutrisi penting seperti kalsium, protein, dan vitamin B12. Kalsium sangat penting untuk kesehatan tulang dan gigi, sedangkan protein membantu membangun dan memperbaiki jaringan tubuh. Vitamin B12 berperan penting dalam pembentukan sel darah merah dan fungsi neurologis.

Selain manfaat kesehatan, keju juga memiliki manfaat kuliner yang beragam. Keju dapat digunakan sebagai bahan masakan, seperti pada pizza, pasta, dan sandwich. Keju juga dapat dinikmati sebagai camilan atau sebagai pendamping makanan lainnya.

Keju memiliki sejarah panjang dan kaya, dengan bukti pembuatan keju yang berasal dari 5.500 SM. Keju diyakini pertama kali dibuat di Timur Tengah, dan kemudian menyebar ke seluruh Eropa dan dunia. Saat ini, keju diproduksi di seluruh dunia dan terdapat berbagai jenis keju dengan cita rasa dan tekstur yang berbeda-beda.

Manfaat Makan Keju

Manfaat makan keju sangat beragam, mulai dari manfaat kesehatan hingga manfaat kuliner. Berikut adalah 7 aspek penting yang perlu diketahui:

  • Kaya nutrisi
  • Mendukung kesehatan tulang
  • Meningkatkan kesehatan jantung
  • Membantu pencernaan
  • Sumber protein
  • Menambah cita rasa makanan

Keju kaya akan nutrisi penting seperti kalsium, protein, dan vitamin B12. Kalsium sangat penting untuk kesehatan tulang dan gigi, sedangkan protein membantu membangun dan memperbaiki jaringan tubuh. Vitamin B12 berperan penting dalam pembentukan sel darah merah dan fungsi neurologis. Makan keju secara teratur dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian kita.

Selain manfaat kesehatan, keju juga memiliki manfaat kuliner yang beragam. Keju dapat digunakan sebagai bahan masakan, seperti pada pizza, pasta, dan sandwich. Keju juga dapat dinikmati sebagai camilan atau sebagai pendamping makanan lainnya. Keju dapat menambah cita rasa dan tekstur pada berbagai jenis makanan.

Kaya Nutrisi

Keju merupakan makanan yang kaya nutrisi, menjadikannya bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Kandungan nutrisi dalam keju sangat beragam, mulai dari protein, kalsium, hingga vitamin B12. Nutrisi-nutrisi ini memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh.

  • Protein
    Protein merupakan komponen penting dalam pembentukan dan perbaikan sel-sel tubuh. Keju mengandung protein dalam jumlah yang cukup tinggi, sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan protein harian tubuh.
  • Kalsium
    Kalsium merupakan mineral yang sangat penting untuk kesehatan tulang dan gigi. Keju merupakan salah satu sumber kalsium terbaik, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi tetap kuat.
  • Vitamin B12
    Vitamin B12 merupakan vitamin yang berperan penting dalam pembentukan sel darah merah dan fungsi neurologis. Keju mengandung vitamin B12 dalam jumlah yang cukup, sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin B12 harian tubuh.
  • Vitamin D
    Vitamin D merupakan vitamin yang berperan penting dalam penyerapan kalsium dan kesehatan tulang. Beberapa jenis keju, seperti keju cheddar dan keju mozzarella, mengandung vitamin D dalam jumlah yang cukup, sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin D harian tubuh.

Dengan kandungan nutrisi yang kaya, keju dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan, seperti menjaga kesehatan tulang, gigi, dan fungsi neurologis. Keju juga dapat membantu memenuhi kebutuhan protein harian tubuh.

Baca Juga :   Temukan Rahasia Hebat Mandi Air Garam yang Jarang Diketahui

Mendukung Kesehatan Tulang

Salah satu manfaat penting dari makan keju adalah kemampuannya untuk mendukung kesehatan tulang. Keju merupakan sumber kalsium yang sangat baik, mineral yang penting untuk menjaga kepadatan dan kekuatan tulang. Kekurangan kalsium dapat menyebabkan tulang menjadi lemah dan rapuh, sehingga meningkatkan risiko osteoporosis dan patah tulang.

Selain kalsium, keju juga mengandung protein dan vitamin K2, yang keduanya penting untuk kesehatan tulang. Protein membantu membangun dan memperbaiki jaringan tulang, sedangkan vitamin K2 membantu tubuh menyerap kalsium dan mencegah pengeroposan tulang.

Makan keju secara teratur dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium harian tubuh dan mendukung kesehatan tulang secara keseluruhan. Hal ini sangat penting untuk orang-orang dari segala usia, terutama untuk wanita pascamenopause dan orang dewasa yang lebih tua yang berisiko lebih tinggi mengalami osteoporosis.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Selain manfaatnya untuk kesehatan tulang, makan keju juga dapat meningkatkan kesehatan jantung. Keju mengandung beberapa nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan jantung, seperti:

  • Kalsium
    Kalsium tidak hanya penting untuk kesehatan tulang, tetapi juga untuk kesehatan jantung. Kalsium membantu mengatur detak jantung dan tekanan darah.
  • Protein
    Protein membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik). LDL dapat menumpuk di arteri dan menyebabkan penyakit jantung, sedangkan HDL membantu menghilangkan LDL dari arteri.
  • Vitamin K2
    Vitamin K2 membantu mencegah penumpukan kalsium di arteri, yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makan keju secara teratur dapat dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung. Misalnya, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal “American Journal of Clinical Nutrition” menemukan bahwa orang yang makan keju secara teratur memiliki risiko penyakit jantung 14% lebih rendah dibandingkan mereka yang jarang makan keju.

Membantu Pencernaan

Manfaat makan keju yang tak kalah penting adalah kemampuannya dalam membantu pencernaan. Keju mengandung beberapa komponen yang berperan aktif dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan, di antaranya:

  • Probiotik
    Beberapa jenis keju, seperti keju cheddar dan keju mozzarella, mengandung probiotik, yaitu bakteri baik yang bermanfaat bagi kesehatan pencernaan. Probiotik membantu menjaga keseimbangan mikrobiota usus, sehingga dapat mencegah pertumbuhan bakteri jahat yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan.
  • Enzim
    Keju juga mengandung enzim yang membantu memecah laktosa, yaitu gula yang terdapat dalam susu. Enzim ini dapat membantu orang yang mengalami intoleransi laktosa untuk mencerna keju tanpa mengalami masalah pencernaan.
  • Kalsium
    Kalsium dalam keju dapat membantu menetralkan asam lambung, sehingga dapat meredakan gejala gangguan pencernaan seperti mulas dan refluks asam.

Dengan kandungan komponen-komponen tersebut, makan keju secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan, mencegah gangguan pencernaan, dan mendukung penyerapan nutrisi secara optimal.

Sumber Protein

Keju merupakan sumber protein yang sangat baik, menjadikannya bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Protein berperan penting dalam berbagai fungsi tubuh, seperti membangun dan memperbaiki jaringan, memproduksi hormon, dan mengatur keseimbangan cairan. Keju mengandungprotein dalam jumlah yang cukup tinggi, sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan protein harian tubuh.

  • Pertumbuhan dan Perbaikan Jaringan
    Protein merupakan komponen penting dalam pembentukan dan perbaikan sel-sel tubuh. Makan keju secara teratur dapat membantu memenuhi kebutuhan protein harian dan mendukung pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh, terutama setelah berolahraga atau cedera.
  • Produksi Hormon
    Protein juga berperan penting dalam produksi hormon, yang mengatur berbagai fungsi tubuh, seperti pertumbuhan, metabolisme, dan reproduksi. Keju mengandung asam amino yang diperlukan untuk produksi hormon, sehingga dapat membantu menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh.
  • Pengaturan Keseimbangan Cairan
    Protein membantu mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh dengan cara mengikat air dan mencegah dehidrasi. Makan keju secara teratur dapat membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh dan mencegah dehidrasi, terutama saat berolahraga atau beraktivitas di cuaca panas.
  • Rasa Kenyang
    Protein dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama dibandingkan dengan karbohidrat atau lemak. Makan keju secara teratur dapat membantu mengontrol nafsu makan dan mencegah makan berlebihan, sehingga dapat membantu menjaga berat badan yang sehat.
Baca Juga :   Manfaat Makan Makanan Sehat: Panduan Lengkap untuk Kesehatan Optimal

Dengan kandungan protein yang tinggi, keju dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan, seperti mendukung pertumbuhan dan perbaikan jaringan, produksi hormon, pengaturan keseimbangan cairan, dan rasa kenyang. Keju dapat menjadi pilihan makanan yang baik untuk memenuhi kebutuhan protein harian tubuh.

Menambah Cita Rasa Makanan

Selain manfaat kesehatan, keju juga memiliki manfaat kuliner yang beragam. Keju dapat menambah cita rasa makanan, menjadikannya lebih lezat dan menggugah selera. Ada beberapa faktor yang membuat keju dapat menambah cita rasa makanan, di antaranya:

  • Kandungan Lemak
    Keju mengandung lemak yang tinggi, yang dapat memberikan rasa gurih dan creamy pada makanan. Lemak dalam keju juga membantu melarutkan rasa dan aroma, sehingga membuat makanan terasa lebih nikmat.
  • Kandungan Garam
    Beberapa jenis keju mengandung garam dalam jumlah yang cukup tinggi, yang dapat menambah rasa asin pada makanan. Garam dapat meningkatkan cita rasa makanan dan membuatnya lebih menggugah selera.
  • Kandungan Asam Amino
    Keju mengandung berbagai asam amino, termasuk glutamat. Glutamat adalah asam amino yang dapat memberikan rasa umami pada makanan. Rasa umami adalah rasa gurih yang membuat makanan terasa lebih lezat dan memuaskan.
  • Kandungan Bakteri
    Beberapa jenis keju, seperti keju biru dan keju camembert, mengandung bakteri yang dapat menghasilkan senyawa kimia yang memberikan rasa dan aroma yang unik. Senyawa kimia ini dapat menambah kompleksitas rasa makanan dan membuatnya lebih menarik.

Dengan kombinasi kandungan lemak, garam, asam amino, dan bakteri, keju dapat menambah cita rasa makanan dengan berbagai cara. Keju dapat digunakan sebagai topping pada pizza dan pasta, sebagai isian sandwich dan burger, atau sebagai pendamping makanan lainnya. Keju dapat membuat makanan terasa lebih gurih, asin, umami, dan kompleks, sehingga meningkatkan kenikmatan makan.

Tanya Jawab Manfaat Makan Keju

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan mengenai manfaat makan keju:

Pertanyaan 1: Apakah keju benar-benar bermanfaat bagi kesehatan?

Ya, keju memiliki berbagai manfaat kesehatan. Keju merupakan sumber kalsium, protein, dan vitamin B12 yang baik, yang penting untuk kesehatan tulang, gigi, dan fungsi neurologis.

Pertanyaan 2: Jenis keju apa yang paling sehat?

Jenis keju yang paling sehat adalah keju yang rendah lemak dan garam. Beberapa jenis keju yang direkomendasikan antara lain keju cottage, keju ricotta, dan keju mozzarella.

Pertanyaan 3: Apakah makan keju dapat menyebabkan kolesterol tinggi?

Tidak selalu. Jenis keju yang tinggi lemak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat). Namun, jenis keju yang rendah lemak jenuh, seperti keju cottage dan keju ricotta, tidak akan meningkatkan kadar kolesterol.

Baca Juga :   Mengenal Biodata Salshabilla Adriani, Aktris Muda Berbakat Indonesia

Pertanyaan 4: Apakah makan keju dapat menyebabkan penambahan berat badan?

Makan keju dalam jumlah sedang tidak akan menyebabkan penambahan berat badan. Namun, makan keju dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan penambahan berat badan karena keju tinggi kalori dan lemak.

Pertanyaan 5: Apakah keju aman dikonsumsi oleh orang yang alergi susu?

Tidak, keju tidak aman dikonsumsi oleh orang yang alergi susu. Keju mengandung protein susu yang dapat memicu reaksi alergi pada orang yang alergi susu.

Pertanyaan 6: Apakah keju aman dikonsumsi oleh wanita hamil?

Ya, keju aman dikonsumsi oleh wanita hamil asalkan keju tersebut terbuat dari susu yang telah dipasteurisasi. Pasteurisasi adalah proses pemanasan susu untuk membunuh bakteri berbahaya.

Kesimpulan

Keju merupakan makanan yang bergizi dan memiliki berbagai manfaat kesehatan. Namun, penting untuk mengonsumsi keju dalam jumlah sedang dan memilih jenis keju yang rendah lemak dan garam.

Artikel Terkait:

  • Manfaat Makan Keju untuk Kesehatan
  • Jenis-Jenis Keju dan Manfaatnya
  • Tips Memilih Keju yang Sehat

Tips Mendapatkan Manfaat Makan Keju

Untuk mendapatkan manfaat makan keju secara optimal, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan:

Tip 1: Pilih Keju Rendah Lemak dan Garam

Pilih jenis keju yang rendah lemak jenuh dan garam untuk meminimalkan risiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Beberapa contoh keju rendah lemak dan garam antara lain keju cottage, keju ricotta, dan keju mozzarella.

Tip 2: Konsumsi Keju dalam Jumlah Sedang

Makan keju dalam jumlah sedang, sekitar 30-50 gram per hari, untuk mendapatkan manfaat kesehatannya tanpa meningkatkan risiko penambahan berat badan atau masalah kesehatan lainnya.

Tip 3: Kombinasikan Keju dengan Makanan Sehat

Padukan keju dengan makanan sehat lainnya, seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian, untuk menciptakan makanan yang seimbang dan bergizi.

Tip 4: Hindari Keju Olahan

Pilih keju alami daripada keju olahan, karena keju olahan seringkali mengandung lebih banyak lemak jenuh, garam, dan bahan pengawet.

Tip 5: Baca Label Nutrisi

Selalu baca label nutrisi pada kemasan keju untuk mengetahui kandungan lemak, garam, dan nutrisi lainnya sebelum mengonsumsinya.

Tip 6: Simpan Keju dengan Benar

Simpan keju di lemari es pada suhu 4C atau lebih rendah untuk menjaga kualitas dan kesegarannya.

Kesimpulan

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat menikmati manfaat makan keju untuk kesehatan tanpa mengkhawatirkan efek negatifnya. Konsumsi keju dalam jumlah sedang dan sebagai bagian dari pola makan yang sehat dan seimbang untuk mendapatkan manfaat kesehatannya secara optimal.

Kesimpulan Manfaat Makan Keju

Konsumsi keju dalam jumlah sedang sebagai bagian dari pola makan yang sehat dan seimbang dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan. Keju merupakan sumber kalsium, protein, dan vitamin B12 yang baik, yang penting untuk kesehatan tulang, gigi, dan fungsi neurologis. Keju juga dapat mendukung kesehatan jantung, membantu pencernaan, dan menambah cita rasa makanan.

Saat memilih keju, penting untuk memperhatikan kandungan lemak dan garamnya. Pilih jenis keju yang rendah lemak jenuh dan garam untuk meminimalkan risiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Konsumsi keju dalam jumlah sedang, sekitar 30-50 gram per hari, dan kombinasikan dengan makanan sehat lainnya untuk menciptakan makanan yang seimbang dan bergizi.

Artikel Terkait

Bagikan:

Tags